Jawaban 1. Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari...
Jika soudara sedang mencari ajaran atas pertanyaan: 1. Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari…, maka kamu berada di alam yang tepat.
Disini siap beberapa jawaban mengenai bab tersebut. Silakan baca bertambah lanjut.
1. Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari…
Pertanyaan
1. Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari di berlakukannya kebijakan Politik Etis dalam bidang …
a. Irigasi d. Edukasi
b. Politik e. Budaya
c. Kependudukan
2. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908, termasuk ke dalam perjuangan yang bersifat kedaerahan. Hal ini disebabkan oleh, kecuali …
a. Masih mengandalkan kekuatan fisik
b. Perjuangannya bergantung pada kalangan ulama, bangsawan atau raja yang berpengaruh
c. Tujuan perjuangannya adalah mengusir bangsa Barat yang berusaha menguasai kerajaan atau memonopoli perdagangan
d. Dipimpin oleh kaum terpelajar yang berusaha mewujudkan kemerdekaan secara politik
e. Tidak mengandalkan perjuangan dengan strategi otak melalui diplomasi organisasi-organisasi pergerakan nasional
3. Sekolah tingkat menengah kejuruan yang bertujuan mendidik calon pegawai administrasi pemerintah berupah murah ialah
a. Volks School d. MULO
b. STOVIA e. OSVIA
c. Eerste Klasse School
4. Sifat pergerakan nasional pada awal perkembangannya adalah moderat dan kooperatif. Organisasi-organisasi yang lahir pada periode ini adalah …
a. Indische Partij dan Gerakan Pemuda
b. Budi Utomo dan Sarekat Islam
c. PNI dan PKI
d. Taman Siswa dan GAPI
e. PNI Baru dan Partindo
5. Perhatikan data berikut !
1) dr. Soetomo
2) Ir. Soekarno
3) Drs. Moh. Hatta
4) dr. Cipto Mangunkusumo
5) dr. Wahidin Sudirohusodo
Tokoh-tokoh yang menjadi pendiri dari organisasi Budi Utomo adalah …
a. 1, 2, 3 d. 2, 3, 5
b. 1, 4, 5 e. 2, 4, 5
c. 1, 3, 5
6. Tujuan mahasiswa kedokteran Jawa (STOVIA) mendirikan Budi Utomo adalah …
a. Mencegah monopoli perdagangan batik yang dilakukan para pedagang Tionghoa
b. Memajukan pengajaran (pendidikan) dan kebudayaan masyarakat Jawa dan Madura
c. Mewujudkan cita-cita kemerdekaan
d. Menuntut Indonesia Berparlemen
e. Wadah untuk mengetahui beragam ilmu kedokteran
7. Faktor utama yang menyebabkan pesatnya perkembangan Sarekat Islam pada masa-masa awal kemunculannya adalah karena …
a. Adanya pengakuan pemerintah kolonial Belanda terhadap Central Sarekat Islam
b. Sentimen yang kuat dari orang-orang pribumi terhadap pedagang Cina
c. Sifat keanggotaan Sarekat Islam yang lebih nasional (terbuka)
d. Masuknya gagasan sosialisme ke dalam organisasi tersebut
e. Organisasi tersebut dipimpin oleh tokoh-tokoh yang kharismatik
8. Perhatikan data berikut !
1) R.M. Tirtoadisuryo
2) H. Agus Salim
3) HOS. Cokroaminoto
4) Abdul Muis
5) H. Samanhudi
Yang termasuk ke dalam tokoh-tokoh sentral Sarekat Islam ialah …
a. 1, 2, 3 d. 2, 4, 5
b. 1, 3, 5 e. 3, 4, 5
c. 2, 3, 4
9. Perhatikan data berikut !
1) Keanggotaan terbatas pada suku bangsa yang berkebudayaan Jawa
2) Bergerak dalam kegiatan politik
3) Menjalankan usaha dagang pribumi
4) Membantu anggotanya yang mengalami kesulitan berusaha
5) Hidup menurut perintah agama
Tujuan dari organisasi Sarekat Islam ditunjukkan oleh nomor …
a. 1, 2, 3 d. 2, 4, 5
b. 1, 4, 5 e. 3, 4, 5
c. 2, 3, 4
41. Para pemimpin Indische Partij sering dikenal dengan sebutan “Tiga Serangkai”, yaitu …
a. Suwardi Suryaningrat, E.F.E. Douwes Dekker, Setiabudi
b. Ki Hajar Dewantara, Setiabudi, Cokroaminoto
c. Ki Hajar Dewantara, Cipto Magunkusumo, E.F.E. Douwes Dekker
d. H. Agus Salim, Abdul Muis, Semaoen
e. Setiabudi, Hatta, Soekarno
10. Faktor yang bukanmenjadikan Indische Partij (IP) sebagai organisasi terlarang oleh pemerintah kolonial Belanda adalah …
a. IP menolak untuk merayakan kemerdekaan Belanda dari Spanyol
b. IP dianggap menghasut rakyat untuk melawan pemerintah kolonial Belanda
c. Salah satu pendiri IP, Suwardi Suryaningrat, mengkritik pemerintah kolonial dengan tulisannya “Alks ik een Nederlander Was” (jika Saya Seorang Belanda)
d. IP menolak untuk merayakan 100 tahun Belanda lepas dari jajahan Perancis
e. IP melakukan pejuangan menggunakan cara yang radikal
Jawaban #1 untuk Pertanyaan: 1. Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari di berlakukannya kebijakan Politik Etis dalam bidang …
a. Irigasi d. Edukasi
b. Politik e. Budaya
c. Kependudukan
2. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908, termasuk ke dalam perjuangan yang bersifat kedaerahan. Hal ini disebabkan oleh, kecuali …
a. Masih mengandalkan kekuatan fisik
b. Perjuangannya bergantung pada kalangan ulama, bangsawan atau raja yang berpengaruh
c. Tujuan perjuangannya adalah mengusir bangsa Barat yang berusaha menguasai kerajaan atau memonopoli perdagangan
d. Dipimpin oleh kaum terpelajar yang berusaha mewujudkan kemerdekaan secara politik
e. Tidak mengandalkan perjuangan dengan strategi otak melalui diplomasi organisasi-organisasi pergerakan nasional
3. Sekolah tingkat menengah kejuruan yang bertujuan mendidik calon pegawai administrasi pemerintah berupah murah ialah
a. Volks School d. MULO
b. STOVIA e. OSVIA
c. Eerste Klasse School
4. Sifat pergerakan nasional pada awal perkembangannya adalah moderat dan kooperatif. Organisasi-organisasi yang lahir pada periode ini adalah …
a. Indische Partij dan Gerakan Pemuda
b. Budi Utomo dan Sarekat Islam
c. PNI dan PKI
d. Taman Siswa dan GAPI
e. PNI Baru dan Partindo
5. Perhatikan data berikut !
1) dr. Soetomo
2) Ir. Soekarno
3) Drs. Moh. Hatta
4) dr. Cipto Mangunkusumo
5) dr. Wahidin Sudirohusodo
Tokoh-tokoh yang menjadi pendiri dari organisasi Budi Utomo adalah …
a. 1, 2, 3 d. 2, 3, 5
b. 1, 4, 5 e. 2, 4, 5
c. 1, 3, 5
6. Tujuan mahasiswa kedokteran Jawa (STOVIA) mendirikan Budi Utomo adalah …
a. Mencegah monopoli perdagangan batik yang dilakukan para pedagang Tionghoa
b. Memajukan pengajaran (pendidikan) dan kebudayaan masyarakat Jawa dan Madura
c. Mewujudkan cita-cita kemerdekaan
d. Menuntut Indonesia Berparlemen
e. Wadah untuk mengetahui beragam ilmu kedokteran
7. Faktor utama yang menyebabkan pesatnya perkembangan Sarekat Islam pada masa-masa awal kemunculannya adalah karena …
a. Adanya pengakuan pemerintah kolonial Belanda terhadap Central Sarekat Islam
b. Sentimen yang kuat dari orang-orang pribumi terhadap pedagang Cina
c. Sifat keanggotaan Sarekat Islam yang lebih nasional (terbuka)
d. Masuknya gagasan sosialisme ke dalam organisasi tersebut
e. Organisasi tersebut dipimpin oleh tokoh-tokoh yang kharismatik
8. Perhatikan data berikut !
1) R.M. Tirtoadisuryo
2) H. Agus Salim
3) HOS. Cokroaminoto
4) Abdul Muis
5) H. Samanhudi
Yang termasuk ke dalam tokoh-tokoh sentral Sarekat Islam ialah …
a. 1, 2, 3 d. 2, 4, 5
b. 1, 3, 5 e. 3, 4, 5
c. 2, 3, 4
9. Perhatikan data berikut !
1) Keanggotaan terbatas pada suku bangsa yang berkebudayaan Jawa
2) Bergerak dalam kegiatan politik
3) Menjalankan usaha dagang pribumi
4) Membantu anggotanya yang mengalami kesulitan berusaha
5) Hidup menurut perintah agama
Tujuan dari organisasi Sarekat Islam ditunjukkan oleh nomor …
a. 1, 2, 3 d. 2, 4, 5
b. 1, 4, 5 e. 3, 4, 5
c. 2, 3, 4
41. Para pemimpin Indische Partij sering dikenal dengan sebutan “Tiga Serangkai”, yaitu …
a. Suwardi Suryaningrat, E.F.E. Douwes Dekker, Setiabudi
b. Ki Hajar Dewantara, Setiabudi, Cokroaminoto
c. Ki Hajar Dewantara, Cipto Magunkusumo, E.F.E. Douwes Dekker
d. H. Agus Salim, Abdul Muis, Semaoen
e. Setiabudi, Hatta, Soekarno
10. Faktor yang bukanmenjadikan Indische Partij (IP) sebagai organisasi terlarang oleh pemerintah kolonial Belanda adalah …
a. IP menolak untuk merayakan kemerdekaan Belanda dari Spanyol
b. IP dianggap menghasut rakyat untuk melawan pemerintah kolonial Belanda
c. Salah satu pendiri IP, Suwardi Suryaningrat, mengkritik pemerintah kolonial dengan tulisannya “Alks ik een Nederlander Was” (jika Saya Seorang Belanda)
d. IP menolak untuk merayakan 100 tahun Belanda lepas dari jajahan Perancis
e. IP melakukan pejuangan menggunakan cara yang radikal
1. politik
2.Dipimpin oleh kaum terpelajar yang berusaha mewujudkan kemerdekaan secara politik
3.osvia
4. a
5.b
41.c
10. E
Penutup
Sekian tanya-jawab mengenai 1. Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari…, mudah-mudahan dengan ini bisa mendukung menyelesaikan masalah anda.
